Skip to main content

Kabar CPNS

Kemendikbudristek Gelar Pembekalan Keberangkatan Penerima Beasiswa Indonesia Maju Angkatan 2

Guru Madrasah
20 Agustus 2023
Kemendikbudristek Gelar Pembekalan Keberangkatan Penerima Beasiswa Indonesia Maju Angkatan 2
Penerima BIM Angkatan 2 (doc: pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id)

Kabarmadrasah.com - Kementerian Pendidikan, kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) sukses menyelenggarakan kegiatan Pembekalan Keberangkatan Penerima Beasiswa Indonesia Maju (BIM) Program Bergelar (S1 dan S2) Luar Negeri Angkatan 2. Kegiatan ini diikuti sebanyak 358 peserta didik penerima BIM, dengan 173 peserta hadir secara onsite dan 185 peserta mengikuti secara daring pada tanggal 13 s.d. 19 Agustus 2023 di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta.

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional, Hendarman, memberikan pesan kepada Penerima Beasiswa Indonesia Maju untuk memanfaatkan Pembekalan Keberangkatan dengan sungguh-sungguh agar memperoleh bekal berharga sebelum berangkat studi ke luar negeri.

“Anak-anakku, melalui Beasiswa Indonesia Maju, kalian memiliki peluang emas untuk mendapatkan pendidikan terbaik di luar negeri, membuka pintu menuju pengetahuan yang mendalam, serta peluang berkontribusi pada pembangunan bangsa. Manfaatkan pembekalan ini sebaik-baiknya,” kata Hendarman di Jakarta, Jumat (18/08/2023).

Selama seminggu penuh, para Penerima BIM telah mengikuti pembekalan mulai dari webinar, workshop, ice breaking, dan berbagai informasi. Materi yang diperoleh seputar Visi Diri, Dinamika Kelompok Bersama Warga, Dinamika Kelompok Pengorganisasian Masyarakat, Dinamika Kelompok Pemahaman Nilai, Dinamika Kelompok Kesejatian Manusia, Pembangunan Berkelanjutan, dan Pengikat Kegiatan yang dibawakan oleh Teman Berproses.

Selanjutnya terdapat materi Pemahaman Nilai dari Bayu Ludvianto, Pendidikan dan Realita Sosial dari Septi Wulandari, Pengarusutamaan Gender dari Panca Saktyani, Kesejatian Manusia dari Iskandar B. Kuntoadji, Talkshow Pembulatan Tekad dari Tri Mumpuni, Webinar Study Abroad: Life Hack and LIfe skill What Do and What Don’ts dari Farizki, Webinar Life After Graduated: Challenge and Opportunity dari Alumni penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Ice Breaking dari Radhika Mala, Persiapan Mental dari para Psikolog, Webinar Refleksi Merah Putih: Peran Generasi Emas dalam Ketahanan Nasional dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Panduan Beasiswa dan Penjelasan Pencairan Keuangan dari Balai Pembiayaan Pendidikan Tinggi (BPPT).

Dalam kesempatan ini, salah satu Penerima Beasiswa Indonesia Maju yang melanjutkan studi ke Glion Institute of Higher Education di jurusan Finance and Hotel Development, Alicia Grace Rumapea, mengatakan melalui pembekalan tersebut ia memperoleh banyak pengetahuan dan teman-teman baru dari seluruh Indonesia.

“Selama aku mengikuti pembekalan keberangkatan ini aku merasa mendapat ilmu yang berharga dan pastinya akan berguna untuk study abroad mulai dari mengenal diri sendiri, sikap apa saja perlu dimiliki sebagai mahasiswa, bagaimana cara bersosialisasi dan beradaptasi, dan masih banyak lainnya. Selain dapat ilmu aku juga bisa mengenal banyak teman-teman baru di sini yang memberi aku banyak pemikiran-pemikiran baru,” jelas siswa asal SMAN 1 Subang ini.

Sebagai informasi, peserta didik yang mengikuti pembekalan keberangkatan Beasiswa Indonesia Maju merupakan: 1) penerima BIM S1 Luar Negeri Reguler (Alumni BIM Program Persiapan S1 Luar Negeri) yang akan berangkat untuk melanjutkan program studinya di 31 universitas dari 11 negara, 2) penerima BIM S1 Luar Negeri Mandiri (tanpa melalui program persiapan) yang akan berangkat untuk melanjutkan program studinya di 21 universitas dari 7 negara, dan 3) BIM S2 Luar Negeri yang akan berangkat untuk melanjutkan program studinya di 14 universitas dari 4 negara.

Setelah memperoleh pembekalan keberangkatan, para Penerima Beasiswa Indonesia Maju dilepas secara resmi oleh Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Suharti, yang diwakili oleh (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional, Hendarman, pada Jumat (18/08/2023) sebelum akhirnya mereka berangkat menuju kampusnya masing-masing di berbagai negara.

sumber: pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id

Disclaimer: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentarlah yang sopan dan membangun.